Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan : Proyek Bisnis yang Menguntungkan



Ditulis : Ustaz M. Nashihudin

Allah Subhanahu wata'ala berfirman:

يٰۤاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا هَلْ اَدُلُّكُمْ عَلٰى تِجَارَةٍ  تُنْجِيْكُمْ مِّنْ عَذَابٍ اَلِيْمٍ

"Wahai orang-orang yang beriman! Maukah kamu Aku tunjukkan suatu perdagangan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih?"


تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَتُجَاهِدُوْنَ  فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ بِاَمْوَالِكُمْ وَاَنْفُسِكُمْ ۗ  ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّـكُمْ اِنْ كُنْتُمْ  تَعْلَمُوْنَ 

"(Yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui,"


يَغْفِرْ لَـكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَيُدْخِلْكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا  الْاَنْهٰرُ وَمَسٰكِنَ طَيِّبَةً فِيْ جَنّٰتِ عَدْنٍ ۗ  ذٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُ 

"niscaya Allah mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan ke tempat-tempat tinggal yang baik di dalam Surga 'Adn. Itulah kemenangan yang agung,"

(QS. As-Saff 61: Ayat 9- 12)


Akhir-akhir ini rakyat Indonesia sedang mengalami krisis yang terlalu susah dicari ujung pangkalnya, daya beli masyarakat menurun, pebisnis banyak yang bangkrut, bahkan terjadi persaingan tidak sehat di mana-mana.


Allah Ta'ala menawarkan bisnis yang mudah, masuk akal dan aman untuk mengantarkan kehidupan para hambaNya layak untuk meraih sukses dunia dan akhirat.


Adapun berbisnis dengan Allah Ta'ala hanya bermodal sebagai berikut:

1. Beriman pada Allah dan RasulNya.

2. Berjihad dengan harta dan jiwa di jalanNya.

3. Selalu berinfaq dan bershodaqoh


JANJI ALLAH PASTI BENAR

اِنَّ الَّذِيْنَ يَتْلُوْنَ كِتٰبَ اللّٰهِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاَنْفَقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰهُمْ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً يَّرْجُوْنَ تِجَارَةً لَّنْ تَبُوْرَ 

"Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Al-Qur'an) dan melaksanakan sholat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan rugi,"

(QS. Fatir 35: Ayat 29)


Berbisnis di dunia tidak selalu untung dan laba, terkadang rugi dan terkadang pula untung. 


Silih bergantinya kehidupan membuat manusia harus menyadari adanya persaingan dalam dunia usaha di bumi ini. 


Nyatanya kita sering merugi dan tertipu oleh mitra dan pelanggan. Itulah kehidupan yang penuh resiko. 


Namun bila kita berbisnis dengan Allah Ta'ala dengan ikhlas  karena mencari ridhoNya pasti akan selalu untung sekaligus puas dan tidak pernah kecewa.


مَنْ كَانَ يُرِيْدُ ثَوَابَ الدُّنْيَا فَعِنْدَ اللّٰهِ ثَوَابُ الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ   ۗ  وَكَانَ اللّٰهُ سَمِيْعًاۢ بَصِيْرًا

"Barang siapa yang menghendaki pahala di dunia, maka ketahuilah bahwa di sisi Allah ada pahala dunia dan akhirat. Dan Allah Maha Mendengar, Maha Melihat."

(QS. An-Nisa' 4: Ayat 134)


Dengan keyakinan sepenuh hati dan iman yang kuat, marilah kita selalu dekat dengan Allah, bila berbisnis di dunia carilah untung yang mengantarkannya kita ke surga, yang menyelamatkan dari api neraka.


Untung di dunia hanya sedikit dan sementara.


Adapun jaya di akhirat untuk selamanya.


نصرمن الله وفتح قريب


Maha benar Allah akan semua firmanNya.


04 Mei 2018

Posting Komentar untuk "Renungan : Proyek Bisnis yang Menguntungkan"