Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan : Merapatkan Barisan



Ditulis : Ustaz M. Nashihudin

📕 Allah Subhanahu wata'ala berfirman:

وَالْمُؤْمِنُوْنَ وَالْمُؤْمِنٰتُ بَعْضُهُمْ اَوْلِيَآءُ  بَعْضٍ ۘ  يَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ  وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَيُؤْتُوْنَ الزَّكٰوةَ وَيُطِيْعُوْنَ اللّٰهَ  وَرَسُوْلَهٗ ۗ  اُولٰٓئِكَ سَيَرْحَمُهُمُ اللّٰهُ ۗ  اِنَّ اللّٰهَ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ

"Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, melaksanakan sholat, menunaikan zakat, dan taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka akan diberi rahmat oleh Allah. Sungguh, Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (QS. At-Taubah 9: Ayat 71)


Tantangan kaum Muslimin di zaman ini semakin berat dan kompleks, musuh-musuh Islam siap menerkam dan memburu setiap Muslim yang taat dan istiqomah pada Agamanya . Pertempuran al haq dan al bathil akan selalu terjadi selama masih ada kehidupan di dunia.


Ada beberapa sifat yang harus tetap dijaga dan dipertahankan untuk memperkokoh kaum Muslimin dan memenangkan perjuangan yaitu:

1. Saling menolong satu sama lainnya

2. Amar ma'ruf dan nahi mungkar

3.  Sholat berjamaah

4 . Menunaikan zakat

5. Taat pada Allah dan Rasul Nya.


اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الَّذِيْنَ  يُقَاتِلُوْنَ فِيْ سَبِيْلِهٖ صَفًّا كَاَنَّهُمْ بُنْيَانٌ مَّرْصُوْصٌ

"Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh." (QS. As-Saff 61: Ayat 4)


Dalam perjuangan dan dakwah harus selalu mengikuti tuntunan dalam Alquran dan Al Hadits agar tidak salah berjuang dan melangkah sehingga dapat meninggikan Agama Islam sekaligus untuk mencari ridhoNya.


قُلْ اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَ مَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ 

"Katakanlah (Muhammad), Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah,  Tuhan seluruh alam," (QS. Al-An'am 6: Ayat 162)


HINDARI AL WAHN

⏰ Berikut adalah hadits lengkap tentang Al Wahn:

عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: يُوْشِكُ اْلاُمَمُ اَنْ تَدَاعَى عَلَيْكُمْ كَمَا تَدَاعَى اْلاَكَلَةُ اِلَى قَصْعَتِهَا. فَقَالَ قَائِلٌ: وَ مِنْ قِلَّةٍ نَحْنُ يَوْمَئِذٍ؟ قَالَ: بَلْ اَنْتُمْ يَوْمَئِذٍ كَثِيْرٌ وَ لكِنَّكُمْ غُثَاءٌ كَغُثَاءِ السَّيْلِ وَ لَيَنْزِعَنَّ اللهُ مِنْ صُدُوْرِ عَدُوّكُمُ الْمَهَابَةَ مِنْكُمْ وَ لَيَقْذِفَنَّ اللهُ فِيْ قُلُوْبِكُمُ الْوَهْنَ. فَقَالَ قَائِلٌ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، وَ مَا الْوَهْنُ؟ قَالَ: حُبُّ الدُّنْيَا وَ كَرَاهِيَةُ الْمَوْتِ. ابو داود 4: 111، رقم: 4297

👇 Dari Tsauban, ia berkata: Rasulullah Shallalahu alaihi wassalam bersabda, “Hampir-hampir orang-orang (musuh-musuh kalian) memperebutkan kalian (umat Islam), layaknya orang-orang rakus memperebutkan makanan pada satu nampan. Ada seorang yang bertanya,  "Apakah kami waktu itu berjumlah sedikit?". Rasulullah SAW menjawab, “Bahkan jumlah kalian pada waktu itu sangat banyak,  namun kalian seperti buih pada air bah. Dan sungguh Allah akan mencabut rasa takut dari dada musuh kalian, dan akan memasukkan ke dalam hati kalian Al-Wahn”. Ada seorang yang bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah Al Wahn itu ?". Beliau menjawab, “Cinta dunia dan takut mati”. [HR. Abu Dawud juz 4, hal. 111, no. 4297]


Semoga Kaum Muslimin selalu mendapat pertolongan dan penjagaan dari Allah Ta'ala di mana saja mereka berada, serta terhindar dari perpecahan serta pertikaian dalam diri mereka.


نصرمن الله وفتح قريب


Maha benar Allah akan semua firmanNya.

📖📖📖

Jakarta, 3/5/2018

Posting Komentar untuk "Renungan : Merapatkan Barisan"